Senin, 16 Maret 2015

Apa Efek Perawatan Kawat Gigi ?


#ASKRADENT
Pertanyaan dari Zheva Zacky "klo make kwat gigi ada efeknya g'?"

Jawaban : 
Perawatan kawat Gigi atau istilah kedokteran giginya disebut ortodonsi merupakan suatu perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi atau dokter gigi spesialis ortodonsi yang bertujuan untuk merapikan gigi geligi yang tersusun tidak rapi, baik hanya pada satu rahang maupun pada rahang atas dan rahang bawah. Gigi yang tidak rapi dapat mengganggu fungsi pengunyahan, bicara dan terutama estestis yang sering menjadi keluhan utama. 

Namun akhir-akhir ini banyak yang menggunakan kawat gigi dengan tujuan hanya ikut tren yang sedang ramai, cuma buat sekedar bergaya. Bahkan banyak dijumpai tukang gigi yang menawarkan pemasangan kawat gigi (behel). Perawatan Kawat gigi atau behel bukan hanya sekedar menempelkan bracket ke gigi dan dipasangi kawat. Untuk pemasangan kawat gigi ini harus ada dasar ilmunya, dengan berbagai macam perhitungan, kekurangan ruang seberapa besar, untuk mendapatkan kekurangan ruang seperti apa, gigi yang bermasalah harus digerakkan atau diposisikan kemana, seberapa besar gaya yang diberikan untuk menggerakkan gigi supaya tidak berefek pada jaringan pendukung gigi (tulang, gusi, dll).

Efek perawatan kawat gigi yang dilakukan sesuai perhitungan dan dengan cara yang benar sesuai prosedur adalah tentu saja dapat mengoreksi gigi yang tidak rapi ke posisi ideal gigi geligi yang dapat memperbaiki juga fungsi pengunyahan. Namun, jika pemasangan kawat gigi yang tidak benar alias asal-asalan adalah. Banyak masalah yang timbul setelah melakukan perawatan kawat gigi tidak pada dokter gigi, antara lain :
1. Gigi Goyah, Terjadi terjadi karena kerusakan jaringan pendukung gigi, berupa kerusakan tulang pendukung gigi yang menyebabkan gigi mengalami resorpsi (aus) sehingga gigi bisa menjadi goyah
2. Gusi Bengkak, Hal ini terjadi karena tidak sesuainya gaya yang diberikan untuk menggerakkan gigi sehingga menyebabkan peradangan pada jaringan pendukung gigi (gusi)
3. Kebersihan gigi dan mulut buruk, Cednerung terjadi pada pengguna behel yang tidak menjaga kebersihan mulut, cenderung juga terdapat banyak karang gigi..
4. Nyeri pada sendi rahang, Hal ini disebabkan oleh tidak sesuainya perawatan yang menyebabkan hubungan rahang atas dan rahang bawah yang tidak baik.  

Kami menyarankan lakukan perawatan kawat gigi pada dokter umum atau dokter gigi spesialis untuk mendapatkan hasil perawatan yang sesuai dan menghindarkan dari masalah-masalah yang tidak diinginkan.

semoga bermanfaat. Terima kasih :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar