Senin, 16 Maret 2015

Bau Mulut Karena Gigi Berlubang dan Pemakaian Gigi palsu


#‎ASKRADENT
Pertanyaan Abdurrahman " Dok gmn cara mengatasi bau mulut akibat gigi berlopang atau krn pengaruh pemasangan gigi palsu.?"

jawaban :
Bau mulut (halitosis) bisa disebbabkan banyak faktor, termasuk yang disebutkan saudara, yaitu karena gigi berlubang dan pemakaian gigi tiruan (palsu)
Beberapa penyebab bau mulut :
1. Kebersihan mulut yang buruk, sehingga jumlah bakteri sangat banyak dalam mulut dan di permukaan lidah. Tanpa pembersihan mulut yang baik, sisa makanan akan tertinggal dalam mulut dan menjadi lingkungan yang cocok untuk bakteri berkembang biak yang akan menghasilkan gas menyebabkan bau pada mulut. Selain itu, sisa makanan yang menempel pada gigi akkan menjadi plak dan terakumulasi menjadi karang gigi (kalkulus) akan menyebabkan gingivitis (radang gusi) dan gigi berlubang, sehingga akan meningkatkan bau mulut dan rasa yang tidak enak di dalam mulut.
2. Pembersihan gigi tiruan yang kurang baik. Gigi tiruan sebaiknya di bersihkan saat mandi.. sisa makanan yg menempel pada gigi tiruan dapat menjadi sarang bakteri yg menghasilkan gas dan juga sarana yg baik bagi jamur.
3. Penyakit (radang) gusi / gingivitis, disebabkan oleh penumpukan karang gigi.. sebaiknya segera dibersihkan, selain mengurangi bau mulut juga mencegah peradangan gusi
4. Penyakit sistemik. Bau mulut dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit tertentu, misalnya infeksi saluran pernapasan, gangguan pencernaan, diabetes, ginjal atau kelainan pada hati.
5. Xerostomia (mulut kering). Hal ini disebabkan produksi air ludah (saliva) yg sedikit.. bisa karena faktor sistemik, merokok, alkohol. Selain bau mulut akibat dari mulut kering adalah rentan terjadi gigi berlubang (karies). Mulut kering juga bisa Pemakaian beberapa obat-obatan tertent, terutama obat-obatan untuk mengatasi depresi dan tekanan darah tinggi. Xerostomia juga dapat disebabkan oleh kelainan pada kelenjar ludah sehingga produksi ludah menurun. Selain itu, kebiasaan bernapas lewat mulut juga dapat menyebabkan mulut cenderung menjadi lebih kering.
6. Merokok. Selain menyebabkan bau mulut merokok juga bisa menyebabkan mulut kering yang memperbesar kecenderungan gigi berlubang..

mari rubah pola hidup dan rajin periksakan kesehatan gigi dan mulut kita untuk mencapai kesehatan yang berkualias

Semoga bisa membantu daan menambah pengetahuan anda.
Terimakasih  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar