Senin, 16 Maret 2015

Lebih Baik Pakai Pasta Gigi Atau Obat Kumur ?


#ASKRADENT
Pertanyaan dari Ibu Himatusy Syarifah
Salam Pak dokter,ada beberapa pertanyaan yang ingin saya sampaikan...
1. Apa bedanya pasta gigi (odol) dengan obat kumur (Lis***in) 
2. Mana yang lebih efektif dari dua produk tersebut di atas
3. Apa penyebab dari karang Gigi dan gigi kuning
4. Bagaimana caranya agar gigi kita bersih dari karang gigi 
5. Dari 2 produk di atas mana yg lebih efektif untuk mengurangi atau menghilangkan karang gigi
Maaf pak dokter dan terimakasih sebelumnya...


Jawaban :
Terimakasih ibu Himatusy Syarifah atas pertanyaannya..

1. pasta gigi dan obat kumur pada prinsipnya sama.. untuk menjaga kebersihan mulut.. perbedaan dr cara pakainya.. pasta gigi menggunakan sikat gigi yg dapat membersihkan sisa makanan yg menempel di permukaan gigi..namun tidak mampu membersihkan yg di sela-sela gigi..hal ini bisa diatasi menggunakan dental floss (semacam benang). obat kumur fungsinya sama membersihkan rongga mulut tapi tidak semua sisa makanan yg menempel pd permukaan gigi bisa lepas hanya dengan berkumur .. keduanya tidak saling menggantikan loh ya..

2. Efektif jika obat kumur digunakan setelah menyikat gigi..pilih obat kumur yg tidak.mengandung alkohol karena dapat mempengaruhi jaringan lunak di rongga mulut

3. Karang gigi terbentuk dr akumulasi plak yg berasal dr lapisan tipis yg menempel pd gigi dr makanan.. karang gigi penyebab utama radang gusi (gingivitis). 
Gigi kuning bisa disebabkan bermacam faktor (intrinsik dan ekstrinsik). Faktor intrinsik seperti Penggunaan obat tertrasiklin saat kehamilan juga menyebabkan warna gigi anak kelak berwarna kuning.. gigi yg mati warnanya juga berubah jd kecoklatan/keabuan..
Faktor ekstrinsik misal krn minuman teh, kopi, soda, faktor merokok juga bisa menimbulkan stain (bercak) pada gigi.

4. Caranya agar gigi bersih dr karang gigi, pertama bersihkan karang gigi menggunakan alat khusus yg disebut scaller di dokter gigi.. setelah itu jaga kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur.. mengkonsumsi makanan bergizi serta rutin kontrol ke dokter gigi 6 bulan sekali..

5. Pasta gigi maupun alat kumur tidak dapat menghilangkan karang gigi.. hanya mencegah terbentuknya plak yg berpotensi menjadi karang gigi. Untuk menghilangkan karang gigi menggunakan scaller (baik yg ultrasonic maupun yg manual)

Semoga membantu...
mile emoticon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar