Senin, 16 Maret 2015

Mengapa Anak Yang Biasa Minum Susu Saat Tidur Cenderung Semua Giginya Menjadi Hitam ?


#ASKRADENT
Pertanyaan "Mengapa balita yang biasa minum susu saat tidur giginya banyak yang hitam"

jawaban :
Meminum susu adalah hal yang baik bagi balita, terutama ASI ekslusif selama dua tahun sangat dianjurkan. Namun, mengapa anak yang minum susu dari botol (formula) saat tidur cenderung lebih mudah semua gigi depannya berlubang? pertanyaan ini yang sering ditanyakan pasien saya...

Karies (lubang gigi)pada gigi anak janganlah dianggap sepele, karena ini akan berpengaruh pada kesehatan gigi anak pada masa depannya. Karies gigi atau gigi berlubang akan berpengaruh terhadap jaringan yang terdapat dalam mulut.Pada kasus ini (karies botol) terjadi karena banyaknya gula dari susu yang tergenang di dalam mulut saat tidur, kondisi ini akan mempermudah bakteri s.mutans mengolah zat gula yg menempel di permukaan gigi kmudian menghasilkan asam dan melunakkan lapisan gigi hingga akhirny berlubang (hampir di seluruh permukaan gigi).
Cara mengatasinya adalah :
√ kurangi mengkonsumsi makanan/minuman yang manisBiasakan berkumur setelah makan/minum manis
√ biasakan anak gosok gigi sejak dini saat mandi, dan yang paling penting adalah sebelum tidur.. jika anak belum bisa menggosok gigi gunakan kain kasa basah yang dililitkan dijari kemudian diusapkan ke seluruh permukaan gigi dan rongga mulut anak.
√ hentikan memberi dot berisi susu saat tidur, hal ini memang susah.. tapi bisa dilakukan pelan-pelan dengan cara mengganti susu dengan air putih.. jika anak menolak, tetap gunakan susu, tetapi ujung dot diberi bahan yg rasanya tidak enak (pahit) sehingga
√ kebiasaan mengedot/ngempeng juga dapat mempengaruhi susunan gigi..
√ periksakan kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi, supaya jika ada gigi yang berlubang segera ditambal dan masalah lainnya juga diatasi..

Semoga membantu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar