Senin, 16 Maret 2015

Bagaimana Menghilangkan Karang Gigi ?


#ASKRADENT
Pertanyaan dari Rasya Kiya'ch Felly "Menghilangkan karang gigi dengan cepat atau mudah?"

Jawaban :

Karang gigi merupakan sesuatu yang bisa dijumpai pada hampir di semua rongga mulut manusia. Karang gigi terbentuk dari lapisan lembut pada permukaan gigi (pelikel) yang makin lama setelah berkontak dengan bakteri akan menjadi plak (tidak terlihat secara kasat mata). Adanya sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi mempercepat terbentuknya plak dan makin lama terakumulasi dan termineralissasi (mengeras) menjadi karang gigi. Karang gigi tidak bisa dihilangkan dengan menyikat gigi.

Karang gigi menyebabkan permukaan gigi menjadi kasar dan menjadi tempat menempelnya plak kembali sehingga kelamaan karang gigi akan semakin mengendap, tebal dan menjadi sarang kuman. Karang gigi dapat terlihat kekuningan atau kehitaman, warna kehitaman biasanya akibat bercampur dengan rokok, teh, dan zat lain yang dapat meninggalkan warna pada gigi. Jika dibiarkan menumpuk, karang gigi dapat meresorbsi ( menyerap ) tulang alveolar penyangga gigi dan akibatnya gigi mudah goyang dan tanggal (lepas). 

Bila sudah infeksi, maka masalah lebih lanjut bisa timbul. Penderita biasanya mengeluh gusinya terasa gatal, mulut berbau tak sedap, sikat gigi sering berdarah, bahkan adakalanya gigi dapat lepas sendiri dari jaringan penyangga gigi. Infeksi yang mencapai lapisan dalam gigi (tulang alveolar) akan menyebabkan tulang pernyangga gigi menipis sehingga pada perbandingan panjang gigi yang tertanam pada tulang dan tidak tertanam 1:3, gigi akan goyang dan mudah tanggal.Selain mengakibatkan gigi tanggal, kuman infeksi jaringan penyangga gigi juga dapat menyebar ke seluruh tubuh. Melalui aliran darah, kuman dapat menyebar ke organ lain seperti jantung. Karena itu ada beberapa kasus penyakit yang sebenarnya dipicu oleh infeksi dari gigi, ini disebut infeksi fokal. Penyakit infeksi otot jantung (miokarditis) termasuk penyakit yang dapat disebabkan oleh infeksi fokal.

Lantas bagaimana menghilangkan karang gigi ?? seperti yang kami sebutkan tadi karang gigi tidak bisa dihilangkan dengan menyikat gigi, tetapi dihilangkan menggunakan scaller, baik yang manual maupun ultrasonic yang bisa dilakukan oleh dokter gigi . setelah dibersihkan gigi akan terasa licin dan keset, jika pada kasus yang berat bisa dijumpai ujung gusi yang tidak menempel pada gigi.

Saran kami, lakukan kontrol secara rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali untuk menghindari masalah-masalah di rongga mulut anda..


semoga bisa membantu.. terimakasih :D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar