Senin, 16 Maret 2015

Gigi Yang Berantakan / Tidak rapi Bisa Diperbaiki ?


#ASKRADENT
Pertanyaan dari Adhaien Rochmah (18 th) "Gigi yg udh berantakan bngt itu bisa d perbaikin apa tidak dok?"

jawaban :
Gigi yang susunanya tidak rapi yang dapat mempengaruhi penampilan dan fungsi bicara serta pengunyahan bisa dikoreksi ke lengkung gigi yang ideal dan sehingga susunan gigi geligi menjadi lebih rapih, yang dapat memperbaiki estetis, memperbaiki profil wajah dan memperbaiki fungsi yang lainnya. Cara untuk mengoreksi susunan gigi yang tidak rapi adalah dengan menggunakan kawat gigi, yang saat ini terkenal dengan nama bracket atau behel. Perawatan kawat gigi ini bisa dilakukan di dokter gigi (sebaiknya hindari memasang di tukang gigi karena bukan kompetensi mereka)

 Sebelum dipasang kawat gigi, dokter gigi akan mencetak gigi kemudian dipelajari kasusnya, dihitung kebutuhan ruangnya, mendapatkan kebutuhan ruangnya dengan cara apa, alat apa saja yang digunakan, dan tipe kawat gigi apa yang cocok. Semuanya pasti masuk rencana perawatan supaya mendapatkan hasil perawatansesuai dengan yang diharapkan. Sehingga sekali kunjungan tidak langsung terpasang kawat giginya. dan setelah dipasang harus rutin kontrol

Tipe kawat gigi ada dua jenis, yaitu yang cekat dan lepasan. Perbedaannya adalah, pada kawat gigi cekat (behel/bracket) alat ditempelkan di gigi, harganya cenderung mahal, efektivitas/lama perawatan juga lebih singkat. Kawat gigi lepasan alatnya bisa dilepas sendiri oleh pasien (menggunakan plat semacam gigi palsu) jadi bisa dibersihkan dari kotoran yang menempel, harganya relatif terjangkau, effektvitis/lama perawatan kadang lebih lama. Disamping keunggulan yang ditawarkan, kawat gigi cekat juga memiliki kekurangan yaitu gigi mudah kotor karena sisa makanan mudah menempel di bracket jadi harus rajin membersihkannya.  


semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar